Rabu, 26 September 2012

MACAM-MACAM KABEL KONEKTOR PADA PC

Diposting oleh Unknown di 2:02:00 PM
Di dalam sebuah kompueter terdapat PSU (Power SUply yang merupakan sebuah “jantung” bagi sebuah komputer. Tanpa PSU maka komputer tidak akan hidup. PSU merupakan pengubah arus AC yang ada pada listrik stop kontak menjadi arus DC, karena PC sendiri hanya membutuhkan arus DC bukan arus AC. PSU juga memiliki beberapa bagian kabel dan konektor yang nantinya akan disambungkan ke peralatan hardware pada komputer. Jenis-jenisnya pun beragam. Banyak jenis tersebut yang masih bertahan hingga sekarang.

1. 3 Pin Fan Power Connector.Untitled-2
Kipas processor mempunyai konektor power tersendiri. Konektor tersebut berjumlah 3pin. Yang dihubungkan ke motherboard. Salah satu
dari pin tersebut digunakan untuk mengetahui jumlah putaran kipas processor. Yang nantinya bisa diatur pada BIOS.

2. 20/24 Pin Power Connector.
AntecTP2EPS-24pinJenis power connector adalah connector yang menghubungkan antara PSU dengan motherboard, Connector ini bisa dilepas lagi pada bagian 4 connector terakhir untuk motherboard yang mengggunakn 20 pin. Jadi Connector ini mempunyai 2 kelebihan, bisa pada motherboard yang membutuhkan 20 pin atau 24 pin. Power connector ini lebih dominan dimiliki pada form factor ATX. Sedangkan untuk form factor AT yang merupakan PSU PC dahulu memiliki power connector berjumlah 12 pin. Tetapi sekarang sudah jarang PC menggunakan jenis PSU AT.
3. SATA Device Power Connector.
sata15pinJika anda memiliki harddisk atau dvd-drive yang berjenis SATA , maka anda harus memiliki power konektor yang terlihat di smping. Sebab, PSU belum menyediakan konnektor power SATA secara langsung. Konektor ini sebenarnya disambung dengan power konektor MOLEX.


4. BERG Power Connector.psuguidefloppy
Konektor ini sekarang jarang di pakai orang. Karena konektor ini merupakan power konektor Floppy Drive. Sekarang Floppy Drive jarang digunakan user karena data yang bisa ditampung sedikit. Konektor ini merupakan kembaran dari MOLEX.

5. MOLEX Power Connector.
Molex_female_connectorMOLEX merupakan konektor power yang bisa dibilang serbaguna. Karena konektor ini konektor yang paling banyak digunakan. Seperti Harddisk, Optical Drive, kipas tambahan, dll
.
6. 4 Pin AUX Power Connector.images
Konektor 4 pin ini merupakan konektor power tambahan bagi processor dan motherboard.jenis ini banyak ditemukan pada komputer-komputer yang baru atau procesor diatas Pentium 4 ke atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DUNIA NINA Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review